Baso Goreng


Baso Goreng

By:@koh_aming

Bahan :
500 gr fillet paha ayam (plus kulit)
2 buah telor utuh
1 sachet bwg putih bubuk
4 sdm minyak goreng
150 ml air es
1 sdm kaldu jamur
1 sdt minyak wijen
1 sdm kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica
.
Campur rata :
500 gr tapioka
1 sdt baking powder
.
•Potong kecil2 paha ayam, masukkan ke dalam chopper daging bersama telor dan bumbu2 lainnya, blender sampe halus
.
•Pindahkan ke baskom, masukkan campuran tapioka + baking powder, masukkan bertahap. Aduk/uleni asal rata, jangan sampe kalis ya buk ibu…inget ini baso goreng, bukan adonan roti 🤪
.
•Panaskan minyak, goreng sedikit adonan utk koreksi rasa. Setelah yakin bener2 panas masukkan adonan bakwan tadi. Sesekali aduk/dibolak balik. Goreng kurleb 30 menitan sampe kekuningan, angkat
.
Note :
– Uleni daging ama tepungnya santuy aja ya buk ibuk, ga perlu tenaga powerfull , asal aja. Karena kalo terlalu rata, ato terlalu lama diubek ubek malah jelek hasilnya *buktikan
– Bikin bulatan baso/bakwannya bisa pake 2 sendok. Kalo yg udah mahir kek saya *eeeh 😂 biasa dikepal2 pake tangan kanan, trus disendok pake tangan kiri *susah kan mbayanginnya
– Daging ayam bisa diganti dengan daging B2, ato dicampur udang (dengan total berat takaran yg sama)
– Kenapa pake daging paha? Krn lebih berlemak, lemak membuat baso goreng lebih kopong di bagian dalamnya
– Gunakan api sedang cenderung besar utk menggoreng
– Kenapa gorengnya lama, supaya baso goreng gak kempis setelah diangkat
.

Categories: Resep MasakanTags:
%d bloggers like this: