Saus sambal homemade


Pengganti saus sambal botolan, asli mau makan kalo gak pedes rasanya kaya ada yang kurangggg gituu 😂ini sambal homemade dan bahannya murceee di tukang sayur banyak juall… Dan ini parah sii mantep banget pedasnyaaa nampolll(org cabe rawit semua gimana engga)
Tapi kalo ga suka yang pedes banget bisa mix pake cabe keriting ya sama tomatnya tambahin

Saus sambal homemade

By @lianadys
Resep by @aras_galeri terima kasih😁, tapi ada yg ku ubah dikit hehe

Bahan :
– cabe rawit orange (7 ribu)
– bawang putih (2 siung)
– ubi (yg warnanya putih 2)
– tomat
– garam
– gula
– air

Cara membuat :
– rebus cabe rawit hingga empuk lalu masukkan ke blender (me : pk gelas besar soalnya pake hand blender)
– kupas kulit ubi dan rebus hingga empuk
– campur cabe rawit yg sudah direbus tadi dengan bawang putih dan tomat tambahkan air sedikit lalu blender hingga halus, masukkan ubi
– blender semuanya hingga halus, lalu saring dan panaskan di penggorengan aduk² bentar dan tunggu hingga kental (pake api kecil ya)
– kalo udah gak panas masukkan ke jar

Yang aku buat ini versi abang², yang kental + padat ituuu (ubinya dibanyakin) tapi kalo mau yg agak cair ubinya dikit aja yaa
.
Ini buat dari hari minggu tanggal 14, sampai sekarang masih aman kok. Jangan lupa taro dikulkas yaa biar awet

Selamat mencoba

Categories: Resep MasakanTags:
%d bloggers like this: